KAPITA SELEKTA (3) Peran Teknologi, globalisasi dan perubahan Sosial

Menurut saya, perubahan social dari teknologi ialah suatu proses di dalam masyarakat meliputi proses pola piker yang efektif, inovatif dan sikap agar mendapatkan kehidupan social yang yang lebih bermatabat. Karena disuatu kehidupan mengalami perubahan kehidupan fenomenal kebagian belahan dunia lain dengan cepatnya dan efektif karena di dukung oleh komunikasi yang canggih dan modern. Dari sisi kepercayaan yang kuat pada ilmu teknologi sebagai sarana untuk masyarakat dapat di pelajari dan di tingkatkan dalam kegiatan keterampilan, pendidikan dan kejuruan hidup seseorang.
Perkembangan teknologi. Dari perkembangan teknologi yang dari masa dulu hingga sekarang menjadi lebih canggih dan modern, contohnya ingin berkomunikasi. Komunikasi yang dulunya hanya bisa ngirim surat melalui kantor pos atau hanya bisa bertemu secara langsung, sekarang semakin canggih karena sekarang sudah bisa mengobrol melalui handphone yaitu dengan cara sms ataupun untuk menelpon. Namun dari perubahan kehidupan yang modern, ada yang lebih canggih lagi seperti ; computer, laptop, jejaring social, mobil, pesawat terbang, dan hingga semua alat teknologi yang semakin memudahkan kehidupan manusia.
Dampak negative dan dampak positif dari teknologi : dari kehidupan bermasyarakat perkembangan teknologi semakin besar saat ini. Namun sangat di khawatirkan dampak negative nya sangat berpengaruh pada perilaku di kehidupan masyarakat. Di karenakan cepat dalam teknologi informasi yang merubah kebudayaan masyarakat di Indonesia. Perubahan teknologi informasi memiliki dampak pola mengubahnya kehidupan masyarakat secara sadar ataupun tidak sadar nya karena kebudayaan daerah akan semakin lenyap dari masyarakat. Namun masyarakat itu sendiri yang tidak mengembangkan nya di kebudayaan yang ada di Indonesia, walaupun dari perubahan ini memiliki dampak positif dan juga negative. Memang dari perkembangan teknologi ini kita bisa belajar hal-hal yang positif seperti mencari informasi apa saja yang kita ketahui, tetapi menurut saya dari dampak negative nya itu dari kalangan para remaja yang dimana mereka sangat meniru kebudayaan orang barat. Jika terus menerus tetap dibiarkan saja, maka generasi akan rusak dan rasa tidak kepedulian dalam kebudayaan kita sendiri akan berkurang. Namun jangan terlalu cenderung juga akan dampak negate-negatifnya, selagi kita tidak menyalahgunakan nya makan akan bermanfaat apa yang kita pelajari dari perkembangan teknologi ini dikehidupan kita.
Manfaat teknologi di kehidupan bermasyarakat ialah memberikan berbagai kemudahan ; perkembangan teknologi mampu membantu manusia dalam beraktifitas yang berhubungan dengan perindustrian dan informasi. Mempermudah meluasnya informasi untuk manusia ; informasi adalah hal yang penting untuk manusia, dulu berbagai informasi yang kita dapat dengan harus membaca koran atau buku untuk mendapatkan informasi nya. Namun sekarang kegiatan hal seperti itu sudah di tinggalkan atau sudah berkurang. Mereka sekarang lebih senang mencari informasi melalui media internet yang menyediakan banyak informasi dan mempercepat waktu, hal itu membuat lebih efisien. Melakukan kehidupan manusia ke bisnis online ; hal ini banyak sering terjadi di kehidupan sekarang dengan menjalankan bisnis melalui internet. Dari promosi berbagai iklan-iklan dari Indonesia maupun dari luar negeri banyak masyarakat bersaing melakukan bisnis online ini di internet. Dari cara menjalankan nya si penjual memasarkan produknya secara online ke internet dan pembelinya pun di dapat melalui internet. Dari bisnis online ini bisa memberi untung yang sangat besar kepada yang menjalankannya, karena bisnis ini bisa menekan harga cukup besar kepada pembeli nya. Dari tujuan bisnis ini agar mendapatkan untung penghasilan, bisa membangun komunitas, dan berkomunikasi saling kenal. Dan menurut saya perubahan social ini selalu terjadi terus menerus, perubahan ini terjadi karena di inginkan atau dampak teknologi dan komunkasi terbukti mengubah tatanan social. Dampak dari perubahan ini bersifat positif menjadikan factor yang awalnya jadi semula dan terus menerus menjadi tujuan agar dapat berguna bagi masyarakat. Fenomena semacam ini atau dukungan semua masyarakat dan yang menggunakannya agar mereka yang tidak punya kemampuan teknologi bisa berkesempatan belajar untuk memanfaatkannya. Dari perubahan social ini bisa terkendali, sehingga dari dampak negatifnya ada perlindungan/diblock bagi pengguna dari tindakan kejahatan yang di lakukan sesama pengguna teknologi dan teknologi ini bisa menjadi peran social pada pengendalinya.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

PERUBAHAN SOSIAL

Salah satu pemicu adanya perubahan sosial dalam masyarakat adalah karena terobosan ilmu pengetahuan; terutama karena “Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Terjadinya perubahan sosial dan bahkan budaya karena teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk situasi persaingan hidup yang lebih keras. Manusia dipicu untuk lebih cepat melandapatkan informasi baik tentang peluang maupun tentang perkembangan lawan atau pesaing.
Tuliskan 5 contoh dan jelaskan contoh-contoh itu “mengapa dan bagaimana bisa mempengaruhi kehidupan manusia dan akhirnya bergantung pada teknologi itu”

Bobot 30% (500 kata).

Lihat pos aslinya

Tinggalkan komentar