KAPITA SELEKTA (4) Urbanisasi dan Sosiologi Perkotaan

Menurut saya, kota adalah sebuah kawasan permukiman rumah-rumah warga dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri. Kota terbentuk dari pemungkiman yang sederhana tetapi pemikiran warganya lebih maju dan berkembang . kota pun menjadi tempat yang menjanjikan untuk meraih kesuksesan karena kota merupakan pusat bisnis dan perekonimian di suatu Negara, sehingga membuat daya tarik tersendiri untuk para warga yang ingin lebih sukses . masyarakat kota lebih mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan social di sebabkan karena adanya kertebukaan terhadap pengaruh luar . warga kota umumnya sangat menghargai waktu . cara berfikir dan bertindak warga kota pun tampak lebih rasional dan berprinsip ekonomi . namun pada umumnya masyarakat kota lebih bersifat individu . sedangkan sifat sodaritas dan gotong royong sudah tidak di lakukan oleh masyarakat kota di karena kan ketidak pedulian dan sikap acuh tah acuh yang di lakukan oleh masyarakat kota tesebut . kota mencangkup adanya suatu bentuk kehidupan manusia yang beragam dan berada pada suatu wilayah tertentu . urban berarti sesuatu yang bersifat kekotaan yang secara langsung maupun tidak. Fenomena urban pada hakikatnya terkait erat dengan persoalan tradisi dan modernitas. Masyarakat urban tergolong masyarakat multietnis karena terdiri dari berbagai suku , golongan , kelompok dan lain lain . dan terkumpul di suatu kota utama untuk mencari kehidupan yang lebih layak lagi. Selain itu juga, masyarakat urban di definisikan sebagai masyarakat yang berambisi untuk memenuhi kehidupan hidup menjadi lebih baik dari kehidupan yang sebelumnya . mayoritas masyarakat urban mempunyai keterbatasan kemampuan yang menyebabkan mereka menekuni pekerjaan di sektor informal karena ketiadaan pilihan pekerjaan lain yang dapat mereka masuki dan ini menjadi suatu pilihan realitis bagi para urban yang ingin sukses . alesan dari kebanyakan masyarakat urban yang pindah ke kota ialah karena adanya tuntutan dari kebutuhan hidup atau ekonomi yang lebih baik dan termotifasi dari adanya tekanan kemiskinan dan keinginan untuk mencari sumber penghasilan yang baru yang lebih menguntungkan . dampak buruk urbanisasi bagi masyarakat kota
1. Peningkatan polusi perkotaan
Transportasi di pemungkiman penduduk kota akan semakin bertambah dan mengakibatkan timbulnya kemacetan lalu lintas yang telah membudaya tampa solusi yang layak dan meningkatnya sampah masyarakat seperti nonny yang mencemari tanah dan air
2. Ledakan penduduk
Sebelum terjadinya urbanisasi penduduk kota tidak terlalu padat namun setelah urbanisasi masal yang di lakukan masyarakat desa jumlah penduduk kota yang tadinya stabil kini mengalami ledakan penduduk dalam waktu singkat .meningkat nya jumlah penduduk mendorong harga property perumahan menjadi lebih mahal .
3. Tingginya biaya hidup
Biaya hidup di kota tidak lah murah . seperti contoh meningkatnya biaya untuk makan, transportasi, sewa dan keperluan lainnya akan mengakibatkat peningkatan karena permintaan melebihi permintaan .
4. Kesenjangan ekonomi
Ketidak meratanya perekonomian yang akan mengakibatkan ketidak perataan perekonomian yang menimbukan yang kaya semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin .
5. Peningkatan kriminalitas
Kehidupan kota yang di anggap menarik bagi semua orang dan memungkinkan juga bagi segala macam kegiatan untuk berkembang, termasuk kejahatan menjadi bagian umum dari daerah perkotaan kriminalitas juga di akibatkan dari tingginya biaya hidup yang mahal dan susahnya mencari perkerjaan di perkotaan jika hal ini tidak di atur secara ketat dan tidak di lakukan secara terorganisasi maka pertumbuhan ini menjadi lepas kendali dan menciptakan masalah lebih jauh .

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Masalah pelik tentang urbanisasi telah menyumbang persoalan di kota-kota besar seperti kota Jakarta, Surabaya dan lain-lain. Mengapa? Karena pusat pertembuhan ekonomi ada di kota, demikianlah bayangan orang tentang hebatnya kota. Pertarungan kaum urban ini, dianggap masalah sosial yang serius karena banyak menimbulkan efek yang negatif. Kota selalu dipandang sebagai pusat pendidikan, pusat kegiatan ekonomi, dan pusat pemerintahan. Namun, berdasarkan sejarahnya perkembangan kota itu berasal dari tempat-tempat pemukiman yang sangat sederhana. Apa itu kota dan apa hubungannya dengan kaum urban, berikan 5 contoh kasus sosial diperkotaan seperti Jakarta sebagai efek dari urbanisasi itu sendiri.

Bobot 40 (Tugas Wajib)

Kirim Komentar anda minimal 500 kata

Lihat pos aslinya

Tinggalkan komentar